tommyhilfigersoutlet.com

Ruang Informasi dan berita terbaru
Penyebab Scabies Pada Manusia dan Cara Pencegahannya

Penyebab Scabies Pada Manusia dan Cara Pencegahannya

Scabies pada manusia atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit kudis adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit manusia dan disebabkan oleh tungau sarcoptes scabiei. Tungau ini merupakan salah satu jenis serangga yang memiliki kaki delapan dan ukurannya sangat kecil. Karena ukurannya yang sangat kecil tersebut akan sulit bagi Anda untuk melihatnya dengan mata telanjang.

Tungau ini menyerang lewat permukaan kulit pada manusia kemudian masuk dalam kulit dan bertelur. Keadaan tersebut kemudian bisa menyebabkan kulit terasa gatal di area yang telah terinfeksi karena reaksi alergi. Biasanya penyakit ini akan sangat galak pada malam hari dan tungau tersebut dapat berada di dalam kulit manusia bisa lebih dari dua bulan.

Penyakit scabies merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah sering terjadi di dalam masyarakat. Dan berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala penyakit scabies yang bisa Anda perhatikan:

  • Gatal

Gatal merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi. Rasa gatal ini biasanya akan muncul dan terasa berlebihan saat malam hari. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang terkena scabies ini akan merasa susah tidur karena rasa gatal berlebih yang dirasakan.

  • Ruam

Biasanya ruam ini akan membentuk benjolan keras yang nantinya akan membentuk garis yang menyerupai terowongan. Dan setelah itu, benjolan ini akan muncul dan terlihat menyerupai seperti adanya bekas gigitan binatang atau hewan yang menyebabkan kulit akan menjadi merah. Tidak hanya itu saja kadang juga bisa menyerupai jerawat. Bahkan ada beberapa orang yang sampai ruamnya menyerupai seperti eksim yakni berupa bercak dan bersisik.

  • Luka

Orang yang sudah terkena kudis akan mengalami beberapa bagian tubuh yang luka. Luka tersebut biasanya muncul karena akibat menggaruk yang terlalu berlebihan.

  • Muncul kerak tebal pada kulit

Munculnya kerak yang tebal pada kulit biasanya akan terjadi pada Anda yang terjangkit penyakit scabies berkrusta. Rasa gatalnya jauh lebih mengerikan bila dibandingkan dengan scabies biasa. Biasanya kerak ini berwarna abu dan mudah sekali hancur saat disentuh.

Scabies sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang akan cepat menular lewat kontak fisik. Seperti contohnya saat play group anak, panti jompo sampai dengan kelas yang ada di sekolah. Sebagai informasi bahwa penyakit scabies ini terdiri dari dua jenis, yakni scabies biasa dan Norwegian scabies atau sering disebut dengan scabies berkrusta. Orang yang sudah terjangkit scavies berkrusta biasanya ada lebih dari seribu tungau yang berada di dalam kulit.

Biasanya dokter akan memberikan tindakan dengan mengambil sedikit sampel dari kulit pasien yang dicurigai tempat bersarangnya tungau yang menyebabkan scabies pada kulit. Setelah itu dokter akan melihatnya di bawah mikroskop sehingga tungau dan telurnya bisa terlihat. Apabila dokter sudah mendiagnosis seseorang terkena scabies akan diberikan obat berupa krim dan salep untuk membunuh tungau tersebut secara cepat.

Scabies pada manusia memang mudah sekali untuk menular dan merupakan salah satu penyakit yang cukup mengerikan bila sudah parah. Untuk menghindari penyakit tersebut hal pertama yang bisa Anda lakukan dengan menjaga kebersihan tempat tinggal serta menjaga kebersihan badan Anda. Mandi 3 kali sehari dan bersihkan tempat tidur serta rumah setiap hari. Bila perlu hindari untuk kontak langsung dengan penderita scabies karena penyakit ini gampang menular.

shares