tommyhilfigersoutlet.com

Ruang Informasi dan berita terbaru
Jangan Sampai Salah! Ini Beda Robusta dan Arabica Paling Mencolok

Jangan Sampai Salah! Ini Beda Robusta dan Arabica Paling Mencolok

Nama kopi Robusta dan Arabica sudah malang melintang di dunia perkopian dunia. Ini adalah dua jenis kopi yang memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Mau tahu apa saja beda Robusta dan Arabica? Jangan sampai salah, yuk kenali perbedaannya di bawah ini.

1. Usia Kopi

Perbedaan pertama kedua kopi ini bisa dilihat dari usia kopi ini. Kopi Arabica merupakan biji kopi pertama yang dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan biji kopi Robusta baru saja ditemukan 100 tahun setelah biji Arabica.

Dengan usia yang jauh lebih tua, tidak heran jika kopi Arabica mampu menguasai pangsa pasar hingga mencapai 70% di dunia. Tidak heran jika kopi ini lebih banyak disukai.

2. Bentuk Biji

Beda Robusta dan Arabica selanjutnya terlihat dengan jelas pada bentuk bijinya. Biji kopi Arabica memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bentuk pipih dan lonjong. Sementara kopi Robusta memiliki bentuk bulat, padat dan lebih kecil.

3. Jumlah Kafein

Perbedaan berikutnya yang dimiliki oleh kedua kopi ini terletak pada jumlah kafein yang dimiliki. Kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kafein pada kopi Arabica. Kandungan kafein pada kopi Robusta sebesar 2,2 hingga 2,7%.

Sementara pada kopi Arabica, kandungan kafeinnya hanya 1,1 hingga 1,5 persen saja. Hal inilah yang menjadikan alasan kopi Arabica lebih ramah di lambung dibandingkan dengan kopi Robusta.

4. Aroma Kopi

Untuk melihat perbedaan kedua kopi ini, Anda juga bisa membedakannya dari aroma yang ditawarkan. Kopi Arabica memiliki aroma buah-buahan karena kadar asamnya yang tinggi. Sementara kopi Robusta memiliki aroma seperti kacang-kacangan.

5. Rasa Kopi

Jangan sampai salah, hal yang paling dasar untuk membedakan kedua kopi ini terletak pada rasa kopinya. Kopi Robusta memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan dengan kopi Arabica. Hal ini karena kandungan kafein yang dimiliki oleh kopi Robusta jauh lebih tinggi.

Bahkan, rasa kopi Robusta seperti rasa ban yang terbakar dan akan meninggalkan rasa kacang di akhirnya. Hal ini tentunya berbeda dengan rasa kopi Arabica yang cenderung lebih asam dan bahkan manis. Kopi ini juga memiliki rasa buah, kacang dan cokelat saat dinikmati.

6. Ukuran Tanaman

Ukuran tanaman kedua kopi ini juga berbeda lho. kopi Robusta memiliki ukuran tanaman dan daun yang besar. Bahkan, kopi Robusta ukuran tanamannya dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan kopi Arabica. Hal inilah yang menjadikan tinggi tanaman kopi Robusta bisa mencapai hingga 5 meter lho.

Sementara untuk tanaman Arabica tidak setinggi kopi Robusta. Tanaman kopi Arabica hanya memiliki tinggi sekitar 2,5 meter saja.

Itulah beda Robusta dan Arabica yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan kedua kopi ini, tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam memilih kopi mana yang akan dipilih dan dinikmati.

shares