tommyhilfigersoutlet.com

Ruang Informasi dan berita terbaru
Damn I Love Indonesia, Persembahan Daniel Mananta untuk Indonesia

Damn I Love Indonesia, Persembahan Daniel Mananta untuk Indonesia

Siapa kini yang tidak mengetahui Damn I Love Indonesia. Produk fashion dari salah satu selebriti Indonesia, Daniel Mananta, ini sukses memangsa pasar anak muda di Indonesia. Dengan slogan Patriot is Me, produk ini memiliki tujuan untuk kembali membangkitkan rasa nasionalisme para pemuda yang lebih menyukai produk-produk dan kebudayaan barat.

Kisah Terbentuknya Damn I Love Indonesia

Daniel Mananta sudah memiliki bakat bisnis sejak duduk di bangku SMA. Selain itu, orang tuanya juga memiliki andil besar karena memiliki darah bisnis yang diturunkan kepada Daniel. Saat SMA, dia sudah menjalani berbagai macam bisnis, mulai dari membuka toko baju dengan konsep Jepang hingga mengikuti berbagai bisnis multilevel marketing.

Semua itu bukan tanpa modal. Hasil selama bekerja sambilan di sebuah warung ayam bakar ia tabung untuk memulai usaha-usaha tersebut. Meski memiliki darah bisnis dari kedua orang tuanya, hal ini tidak membuat perjalanan bisnis Daniel mulus tanpa rintangan. Banyak kegagalan yang dialami seperti toko bajunya yang tidak menghasilkan keuntungan.

Karena merasa kurang prospektif, Daniel mengubah konsep toko bajunya menjadi toko baju berkaitan dengan musik dan diciptakanlah brand Damn Black Label. Toko ini menjual aneka produk baju dengan warna hitam bergambar apapun yang berkaitan dengan musik, seperti musisi-musisi terkenal atau alat-alat musik. Dari bisnis ini, dia mendapat tanggapan yang cukup baik dan membuka 8 cabang.

Melihat terdapat peluang yang cukup bagus, Daniel kemudian memikirkan idealisme yang selama ini dia pegang dan ingin ia wujudkan, yakni rasa cintanya kepada Indonesia. Akhirnya, pada 25 Oktober 2008 di FX Plaza lantai 6, ia merilis toko dengan nama Damn I love Indonesia yang sampai saat ini terus berkembang pesat.

Pada awal rilisnya, Daniel hanya memproduksi sekitar 150 kaus saja dengan bertuliskan “Damn! I Love Indonesia”. Kaus tersebut ia jajakan di sebuah lapak milik rekannya yang tidak terlalu besar. Untuk pemasaran, Daniel terlihat sering mengenakan kaus produksinya tersebut dan juga meminta teman-teman selebritisnya untuk ikut mengenakannya.

Promosinya terbukti berhasil. Lama kelamaan mulai banyak yang tertarik dengan produk tersebut. Produk yang Daniel produksi pun mulai bertambah seperti jaket dan aksesoris lainnya. Semua ini ditujukan kepada anak-anak muda di Indonesia. Saat ini, kaus Damn I Love Indonesia sudah merambah ke luar negeri. Bahkan beberapa musisi luar negeri tampak sedang mengenakan kaus tersebut saat konser.

Makna Filosofis dari Damn I Love Indonesia

  1. Singkatan dari Nama Pendirinya

Tahukah Anda bahwa kata “damn” pada brand tersebut ternyata merupakan singkatan dari nama pendirinya, yaitu Daniel Mananta? Daniel Mananta adalah seseorang yang sangat mencintai Indonesia karena memiliki kekayaan budaya dan etniknya yang luar biasa. Oleh karena itu, di bagian selanjutnya terdapat imbuhan kalimat “I Love Indonesia”.

  1. Membangkitkan Rasa Nasionalisme

Peristiwa anak muda yang lebih memilih kebudayaan barat sepertinya membuat Daniel resah. Oleh karena itulah, melalui produk ini ia ingin menggerakkan kaum anak muda untuk mencintai Indonesia dan membangkitkan kembali rasa nasionalisme mereka. Daniel memiliki harapan agar anak muda bisa mengembangkan kekayaan sumber daya yang dimiliki Indonesia dan membawanya ke dunia.

Itulah tadi sekilas mengenai sejarah munculnya Damn I Love Indonesia beserta filosofi yang diangkat. Meskipun menargetkan anak muda Indonesia, produk fashion ini kini juga sudah berkembang ke luar negeri. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dari seorang anak bangsa.

shares