tommyhilfigersoutlet.com

Ruang Informasi dan berita terbaru
11 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

11 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

Sarapan kerap dilewatkan oleh sebagian orang di pagi hari. Bangun siang dan terburu-buru menjadi alasan agar tidak terlambat untuk bekerja atau kegiatan belajar mengajar. Sarapan memberikan energi, meningkatkan konsentrasi dan mengendalikan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjaga berat badan, berikut daftar menu sarapan pagi yang cocok bagi Anda.

1. Telur Rebus

Telur rebus adalah sumber protein serta lemak yang baik bagi tubuh Anda. Anda dapat merasa kenyang karena protein dari telur dapat mencukupi kalori Anda. Telur juga mencegah Anda makan berlebih ketika sarapan. Untuk penyajian tergolong mudah karena hanya cukup direbus dalam air mendidih.

2. Roti Gandum dan Selai Kacang

Memakan roti gandum dengan selai kacang dapat membuat Anda kenyang tanpa menaikkan berat badan. Selembar roti gandum yang diolesi selai kacang merupakan porsi yang cukup untuk sarapan dengan kalori yang rendah namun tetap bergizi. Anda dapat mengganti selai sesuai selera Anda, namun disarankan selai yang tetap mengandung nilai gizi.

3. Granola atau Oatmeal

Kedua bahan tersebut mengandung serat tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang. Sarapan ini juga bertahan lama di lambung. Berguna untuk mencegah Anda lapar kembali di siang hari. Biji-bijian tersebut bermanfaat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan tingkat kolesterol.

4. Susu Rendah Lemak (low fat)

Ini adalah menu yang simple bagi Anda yang minim waktu ketika sarapan. Meskipun dalam keadaan diet, masih diperbolehkan meminum susu namun yang rendah lemak. Susu rendah lemak juga baik untuk kolesterol. Untuk Anda yang sedang proses penyembuhan, susu ini dapat menjadi nutrisi tambahan.

5. Yoghurt

Selain susu, yoghurt dengan kalori rendah juga dapat menjadi pilihan. Biasanya terdapat label kalori di kemasan dan usahakan yang kadar lemak sedikit. Yogurt juga bisa membantu kesehatan pencernaan Anda. Diet akan berjalan lancar jika buang air besar Anda juga lancar.

6. Aneka Buah

Sarapan dengan potongan buah juga dapat membuat lambung terisi penuh. Buah-buahan juga dapat mengurangi kolesterol dan mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi apel, pisang, alpukat maupun buah pir. Usahakan jangan mengonsumsi jus buah, karena kadar gula dan bentuk cair tidak membuat perut Anda kenyang lama.

7. Umbi-umbian

Ubi termasuk makanan dengan serat dan karbohidrat tinggi. Kandungan serat dan air yang tinggi dapat membantu mengurangi berat badan. Banyak jenis ubi yang bisa Anda makan, seperti ubi jalar ataupun ubi ungu.

8. Salmon

Daging salmon mengandung banyak protein dan minyak ikan. Kandungan tersebut bermanfaat membantu insulin mengontrol penyerapan glukosa ke aliran darah. Bermanfaat menjaga tubuh dari kecanduan dan kelebihan gula.

9. Donat

Anda bisa sarapan dengan donat ditambah dengan minum secangkir teh tanpa gula. Anda bisa memilih menu ini jika bosan dengan menu sarapan pagi diet yang biasa saja. Donat yang direkomendasikan adalah donat berbahan kentang. Donat kentang dipercaya sebagai penawar racun alami dan mencegah asam berlebih.

10. Power Up Tacos

Menu ini adalah makanan yang paling diminati di wilayah Meksiko. Berbahan daging sapi yang diolah dengan berbagai sayuran. Isian daging kemudian dilapisi dengan kulit tortilla yang berbahan dasar jagung.

11. Olahan Paprika

Anda dapat mencampurkan paprika dengan bahan lain seperti telur, daging atau roti. Kandungan likopen pada paprika membantu mencegah kanker payudara dan prostat. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari agar terhindar dari penyakit paru-paru dan menjaga kesehatan usus.

Berikut tadi adalah daftar menu sarapan pagi bagi Anda yang sedang diet. Kalori yang dibutuhkan orang dewasa ketika sarapan yaitu tidak lebih dari 400 kalori. Diet bukan berarti menghilangkan sarapan sebagai nutrisi pokok. Justru menghilangkan sarapan dapat menggagalkan diet Anda.

shares